Tuesday, 27 August 2013

LEGENDA & HANTU YANG SERING MUNCUL DALAM FILM KOREA

Hantu dalam bahasa Korea disebut Gwinshin (귄신), gwinshin adalah sebagian besar dari jiwa-jiwa orang mati yang tidak bisa kesisi lain kehidupan atau dengan kata lain tidak bisa hidup dialam mereka.
mereka penuh dengan kesedihan yang mendalam dan menyimpan banyak kebencian. kadang kala mereka adalah korban dari ketidak adilan yang tidak bisa meninggalkan dunia sampai jiwa mereka tenang dan secara tradisional, telah banyak ritual perdukunan yang dikembangkan untuk menanggulangi ini *ada disalah satu film/drama korea yang bercerita tentang ini.lupa judulnya*
ada beberapa Gwinshin yang terkenal dikorea yaitu :
1. Gwinshin Cheonyeo (처녀귄신)
Hantu Gadis Perawan. dimana menurut sejarah secara tradisional, anak gadis sangat kesulitan dalam hidupnya karena mereka diajari bahwa kebajikan (kebaikan) terbaik adalah untuk melayani ayahnya, suaminya, anaknya. Cheonyeo yang mati meninggal berarti ia tidak memenuhi tujuan hidupnya dan tidak mungkin akan meleburkan dirinya dari dunia.
pakaian yang biasa digunakan Gwinshin adalah Hanbok Putih yang disebut dengan Sobok (소복) dimana pakai tersebuh adalah pakaian berkabung tradisional dan mengapa rambut mereka terurai panjang kebawah karena gwinshin tersebut tidak menikah, sehingga ia tidak memiliki hak untuk memakai/memasang konde.
 2. Chonggak Gwinshin (종각귄신)
Hantu Laki-Laki Pria atau Hantu Sarjana. Tapi Chonggak Gwinshin jarang sekali menjadi figur utama dalam film/drama horor korea atau kehidupan budaya korea.
 3. Mul Gwinshin (물귄신)
menurut orang korea, Musim Panas banyak membawa kecelakaan tenggelam. sehingga ada hantu yang sering disebut dengan Mul Gwinshin atau Hantu Air (kalo tempat saya disebut Hantu Banyu*air). Mul Gwinshin adalah Jiwa yang kesepian karena tenggelam. Mul Gwinshin tidak suka kesendirian sehingga mereka akan mengambil/menarik orang-orang yang sedang berenang dan menyeret mereka kedalam air yang dalam.
Mul Gwinshin adalah Hantu yang sering dijadika perumpamaan/Ungkapan Korea, yaitu Mul Gwinshin Jagjeon (물귄신 작전) artinya Taktik Hantu Air. ungkapan itu digunakan apabila seseorang ingin mencelakai seseorang, jadi jika diungkapkan "jika aku akan turun, aku tidak akan turun sendiri" atau dengan umpama lainnya "ketika kamu tiba-tiba dibebani dengan pekerjaan tambahan dikantor/harus lembur. sehingga kamu santai saja mengatakan kepada boss kamu bahwa tim yang kamu miliki adalah pekerja yang sangat baik sehingga dia harus lembur juga. Dan itulah yang disebut dengan Taktik Hantu Air.
 4. Jaruyo Gwinshin (자유로귄신)
Jayuro adalah jalan raya yang menghubungkan Goyang ke Paju, yang terletak disebelah utara Seouldan. digunakan digunakan oleh orang-orang didistrik Ilsan untuk pulang dan pergi. jalan raya tersebut mengikuti sungai Han dan sangat terkenal karena sering diselimuti kabut yang sangat pekat, sehingga banyak kejadian kecelakaan mobil.
Dalam beberapa kejadian kecelakaan, diceritakan banyak orang yang berkendara melewati jalan raya tersebut melihat seseorang yang berdiri disisi jalan raya yang terlihat seperti seorang wanita muda yang sedang mengalami kesulitan dan ternyata setelah didekati serta melihat lebih dekat, wanita muda tersebut tidak mengunakan kacamata hitam tetapi matanya dicukil dan kosong.
dan cerita lainnya adalah seorang supir taksi yang menjemput seorang wanita muda pada hari hujan didekat jalan raya jaruyo dan supir taksi tersebut mengikuti alamat dan sistem GPS kedaerah terpencil. ketika ia melihat cermin untuk meminta penumpangnya memberikan petunjuk lebih rinci, supir taksi tersebut menemukan jika penumpangnya sudah tidak ada lagi dan dengan heran ia menghentikan taksinya dan menyadari bahwa ia telah berhenti didepan sebuah perkuburan umum. itu berarti Rumah Penumpang tersebut adalah Kuburan. --.
 5. Gwinshin di studio rekaman
dimana suara gwinshin sering muncul secara acak dalam rekaman atau siluet gwinshin ditampilkan bersembunyi dibilik rekaman. dalam beberapa kasus, banyak penyanyi yang menjadi saksi yang telah melihat gwinshin ketika mereka sedang rekaman dan tiba-tiba dikabarkan jika album mereka menjadi hit, sehingga dalam beberapa hal perusahaan yang menaungi penyanyi tersebut akan membuat cerita dan melepas cerita tersebut ke pers sebagai salah satu taktik pemasaran. (jadi inget dongeng Lee Minhyuk salah satu member BTOB di BTOB Diary pas dia lagi di Ruang Latihan disalah satu gedung Cube, dia bilang kalo banyak trainee yang melihat gwinshin tapi enggak tau jenis apa)
Nah, selain Gwinshin diatas, ada legenda lain yang sangat populer.
Didalam cerita legenda Guminho (구민호) adalah seorang Rubah Putih yang memiliki ekor sembilan. Gominho tersebut berusia selama 1.000 tahun yang dikutuk. ia akan bebas dari kutukan jika ia berkelakukan baik, maka ia akan dihormati dan naik kelangit untuk ditempatkan di istana Kaisar Langit Agung yang menguasai langit. Gominho dikenal dalam legenda bisa menyamarkan diri mereka sebagai wanita cantik di dunia manusia kemudian memangsa manusia.
Tapi, ada satu drama korea yang mengangkat cerita melalui drama yang diceritakan sangat ROMANTIS.
yang diperankan oleh Lee Seung Gi dan Shin Min Ah  "My Girlfriend Is Gominho" yang bercerita jika Gominho si rubah putih yang dikutuk didalam sebuah lukisan. jika ada seorang pria manusia yang membuat gominho jatuh cinta dan menikahi pria dan mencoba untuk hidup bersama selama 100 hari tanpa tertangkap, maka ia akan menjadi manusia sejati.

No comments:

Post a Comment