Thursday, 20 June 2013

Rumah Hantu Indonesia, Menebar Ketakutan di Nusantara

jakarta - Mungkin Anda pernah lihat wahana rumah hantu di mal, baik Jakarta atau kota-kota besar lainnya. Inilah Rumah Hantu Indonesia, yang bertanggung jawab atas ketakutan dan teriakan seru pengunjung selama berada di dalamnya!

Biasanya wisatawan mencari wahana rumah hantu di dalam taman hiburan. Trans Studio Bandung dan Trans Studio Makassar misalnya, punya wahana Dunia Lain yang bikin bulu kuduk berdiri. Tapi siapa sangka, Anda juga bisa menemukan wahana rumah hantu di dalam mal atau acara-acara besar.

Jangan dulu menganggap remeh. Meski letaknya di mal atau tempat ramai, dijamin Anda tetap bergidik ketakutan. Sebuah lahan disulap sedemikian rupa. Ditutup triplek dan kain-kain, diisi oleh para aktor 'penghuni' yang siap memberi kejutan. Masuk ke dalam sini, Anda pasti lupa kalau di luar banyak orang!

"Rumah Hantu Indonesia berdiri tahun 2010. Sampai saat ini sudah 60 kali show di 4 kota besar Indonesia," tutur T Musri MD selaku pemilik Rumah Hantu Indonesia (RHI) kepada detikTravel, Rabu (12/6/2013).

Empat kota besar itu adalah Jakarta, Tangerang, Medan, dan Batam. Dalam satu bulan, lanjut Musri, RHI bisa melakukan 6 kali pertunjukan. Waktunya sama, kotanya saja yang berbeda.

Konsep wahana rumah hantu ini berbeda-beda di tiap pertunjukan. Misal pada Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2012 silam, temanya adalah Misteri Hutan Indonesia. Saat ini di Batam sedang berlangsung pertunjukan bertema kapal hantu. RHI juga pernah membuat tema kereta hantu.

"Konsepnya berubah, tergantung ide yang muncul saja," tambah Musri saat diwawancara beberapa waktu lalu.

Di PRJ 2013 kali ini misalnya, RHI menggelar pertunjukan bertema Misteri Kerajaan Shambala. Bertempat di Hall E, wisatawan akan dibuat merinding oleh 3 rumah hantu yang berbeda yaitu Kerajaan Shambala, Kerajaan Balt, dan Mussimulator. Mau tahu pendapat pengunjung yang masuk ke rumah hantu Kerajaan Shambala?

"Persiapan nyali nggak ada artinya. Awalnya saya pikir, saya tahu apa yang bakal dihadapi di dalam sana. Tapi nyatanya saya teriak-teriak!" tutur Fatimah (22) yang mengunjungi PRJ pada Senin (10/6/2013).

Betapa tidak, para 'hantu' itu bisa datang dari arah mana saja. Entah dari atas, bawah, kiri, kanan, bahkan terus-terusan mengikuti sampai Anda keluar area tersebut. Selalu ada kejutan di tiap zonanya. Musri membocorkan, RHI menggunakan sound dan lighting system yang baik. Dekorasinya atraktif dan riil. Make up dan kostumnya juga keren.

Ke depannya, Musri berencana membuat wahana rumah hantu permanen. Tak hanya terbesar di Indonesia, tapi juga terbesar di seluruh dunia. Sampai saat ini, rumah hantu terbesar sedunia ada di Jepang.

"Rencananya tahun 2014 atau 2015. Mungkin di Ancol, karena banyak pengunjungnya," tambahnya.

Penasaran dengan wahana rumah hantu ini? Bagi Anda warga Jakarta bisa mengunjungi Hall E di PRJ. Dengan membayar Rp 25.000-30.000 untuk setiap rumah hantu, Anda akan dibuat ketakutan oleh para stunt berkostum hantu. Saat ini, RHI juga sedang menggelar pertunjukan di Mall Kepri, Batam.

"Waktu sampai di pintu keluar rumah hantu, saya nggak sangka bakal sesenang itu melihat cahaya terang. Eh tapi begitu mau keluar, tetap lho saya dikejar hantu!" kata Fatimah, antusias.

No comments:

Post a Comment