Saturday, 24 December 2016

Jenglot Adalah Makhluk Berbahaya, Benarkah?

Jenglot adalah sosok makhluk yang berbentuk seperti mumi dengan ukuran kurang dari 20 cm serta memiliki wajah menyeramkan. Selain itu ciri utama tak kalah mengerikan ialah rambut serta taring yang tetap tumbuh dan semakin memanjang. Tak heran jika makhluk ini diyakini juga termasuk makhluk hidup dan memiliki kehidupan dan berbahaya bagi manusia. Bagi sebagian orang benda atau makhluk bertubuh mini ini dianggap sangat berharga, lantas apa manfaat dan kegunaan makhluk tersebut sehingga banyak diburu oleh para kolektor sekaligus paranormal di Indonesia? Simak kelanjutannya di bawah ini.

jenglot-adalah-makhluk-berbahaya

Apa itu Jenglot

Makhluk jenglot telah dikenal masyarakat Indonesia  puluhan bahkan ratusan tahun silam namun keberadaannya semakin menjadi pusat perhatian tatkala beberapa paranormal memamerkan benda kecil dengan tubuh menyerupai mumi hasil buruan mereka. Kono makhluk tersebut mereka dapatkan setelah melakukan berbagai macam ritual di daerah Wlingi Provinsi Jawa Timur.

Selain itu fakta mengejutkan terjadi manakala seorang dokter cukup ternama di Indonesia melakukan penelitian terhadap sosok jenglot yang dimiliki oleh seseorang. Dari penelitian tersebut didapati bahwa DNA yang terdapat pada makhluk yang tak pernah terlihat bergerak tersebut menyerupai DNA pada manusia.

Untuk melakukan penelitian lebih lanjut mau tidak mau dr. Djaja Surya Atmaja harus melakukan pembedahan untuk memastikan apakah makhluk itu termasuk spesies manusia sebagaimana yang diyakini masyarakat Indonesia. Namun sayangnya penelitian tersebut harus dihentikan karena sang pemilik tidak mengijinkan makhluk koleksinya tersebut dibedah untuk penelitian.

Benarkah Jenglot berbahaya?

Belum ada orang yang dapat memastikan apakah jenglot adalah makhluk berbahaya atau tidak, yang jelas dari penampakan serta cerita yang pernah beredar di Indonesia setidaknya terdapat 2 versi berbeda dalam menggambarkan sosok seram yang identik dengan taring dan rambut panjang tersebut.

Pendapat pertama mengatakan bahwa jenglot adalah perwujutan dari sosok manusia pada masa lampau yang memiliki ilmu tertentu. Sebutan lain makhluk ini juga kerap dikenal dengan nama betara karang serta betara katon.  Dari ketiga sebutan ini ada yang berpendapat bahwa memiliki perbedaan serta khasiat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Ada pula yang menceritakan bahwa betara karang dulunya adalah seseorang yang semasa hidupnya mempelajari berbagai macam ilmu hitam, dan sepeninggalnya mausia tersebut tidak diterima bumi dan berubah wujud seperti mumi mengecil dan tetap hidup di dunia.


 
Cerita mengerikan juga kerap dituturkan oleh beberapa orang bahwa jenglot adalah makhluk berbahaya karena membutuhkan makanan berupa darah manusia. Konon para kolektor yang memiliki benda ini akan terlihat sering membeli darah entah itu dari PMI maupun tempat lain guna memberikan makanan terhadap makhluk koleksi mereka.

Adapun jenglot yang kerap ditemukan di Indonesia konon memiliki beragam manfaat dan kegunaan bagi orang-orang yang mengetahui khasiatnya. Adapaun manfaat dari makhluk kecil tersebut diantaranya adalah sbb:
  • Sarana penjagaan diri dari gangguan orang lain.
  • Sarana pesugihan dan pembawa keberuntungan.
  • Sarana pengasihan dalam memikat lawan jenis.
Ketiga manfaat tersebut membuat jenglot kerap ditawar oleh para kolektor dengan harga yang fantastis.

Sementara itu pendapat kedua mengatakan bahwa jenglot adalah hewan dengan bentuk seperti boneka dan bertaring. Namun karena kemampuan geraknya sangat lambat maka tak mudah melihat pergerakan dari hewan ini. Sebagian orang yang mempercayai hal ini menganggap bahwa hewan itu berhabitat di hutan dan bersembunyi di celah-celah pohon.

Entah kebenaran terdapat pada pendapat pertama maupun kedua yang jelas fenomena penemuan jenglot kerap terjadi di Indonesia. Beberapa penemuan jenglot yang pernah menghebohkan di Indonesia antara lain.

Penemuan jenglot di sungai progo Jogjakarta.

Penemuan jenglot di sungai progo ditemukan secara tidak sengaja oleh para penambang pasir setelah banjir sempat menerjang sungai tersebut. Beberapa orang mengatakan bahwa makhluk itu kemudian dibuang karena takut akan terjadi bencana jika tetap disimpan.

Penemuan jenglot di Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Beberapa waktu yang lalu penemuan jenglot di Kabupaten Kudus Jawa Tengah oleh seseorang, hebohnya warga menemukan 2 jenglot sekaligus yang disinyalir merupakan sepasang jenglot lelaki dan perempuan.

Hingga kabar ini dituliskan tak banyak yang tahu pasti kemana benda tersebut kini berada, entah disimpan oleh penemunya atau dibuang.

Penemuan jenglot di Lapas Kerobokan.

Fakta mengejutkan terjadi pekan lalu tatkala operasi mendadak Lapas kerobokan dilakukan oleh satuan kepolisian. Dari penggeledahan itu didapati berbagai macam senjata tajam dan pistol. Bahkan dari salah satu ruang jeruji besi polisi menemukan jenglot yang disinyalir merupakan pemilik salah satu narapidana penghuni Lapas Kerobokan.

Nah dari ulasan di atas manakah yang Anda percaya? Apakah Anda termasuk salah satu yang mempercayai jenglot adalah makhluk berbahaya atau justru mempercayainya sebagai seekor hewan langka.

No comments:

Post a Comment